Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD Tarakanita Tangerang
Keywords:
model pembelajaran experiential learning, paragraf deskripsi, PTK, SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan
mengimplementasi model pembelajaran experiential learning, memaparkan langkah-langkah pembelajaran yang tepat
melalui penerapan model pembelajaran experiential learning, dan mengidentifikasikan respons siswa terhadap
penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Penelitian
menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian guru dan siswa yang ada di kelas bahasa
Indonesia, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran experiential learning dapat
meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV SD Tarakanita. Data refleksi awal menunjukkan
bahwa nilai rata-rata kelas adalah 68 (cukup), kemudian menjadi 72,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi
82,1(baik) pada siklus II. (2) Implementasi pembelajaran experiential learning memilih beberapa langkah dengan
tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan (3) Keaktifan siswa dalam memberikan
tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis
paragraf deskripsi. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subjek dan objek data yang berbeda agar dapat
meyakinkan hasil penelitian yang dilakukan, dan dapat disumbangkan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatan
mutu pendidikan.