Analisis Perkembangan Sosial Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Belendung Tengah 1 Kota Tangerang
Keywords:
peserta didik, sekolah dasar, perkembangan sosialAbstract
Dalam aspek perkembangan yang paling perlu diperhatikan dalam menentukan kesuksesan Peserta Didik Yaitu perkembangan sosial. Pada hakikatnya saat ini beberapa Sekolah Dasar masih belum merata dalam memahami pola perkembangan peserta didiknya. Adanya pendapat bahwasannya guru belum sepenuhnya memahami solusi dalam mengatasi kekurangan peserta didiknya. Hal tersebut juga dirasakan SDN Belendung Tengah 1 Kota Tangerang, guru belum mampu memahami pola perkembangan sosial pada anak sehingga menghambat proses pembelajaran bagi peserta didik. Penulis melakukan penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu SDN Belendung Tengah 1 Kota Tangerang. Dari jumlah populasi yang ada, peneliti mengambil sampel yakni menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian yang dilakukan adalah Peserta Didik kelas V sejumlah 40 siswa. Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah diperoleh, hasil dari penelitian adanya beberapa permasalahan sosial pada anak, yaitu: 1) Peserta Didik kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan kerja kelompok, 2) Peserta didik masih memiliki geng dalam berteman (kurang berbaur), 3) Peserta didik masih ada yang dikucilkan, 4) Peserta didik memilih-milih dalam berteman, hanya yang dekat saja, 5) peserta didik belum bisa mengungkapkan perasaanya kepada teman sebanyanya, 6) Peserta didik belum bisa bertanggung jawab dengan kewajibannya. Masih rendahnya aspek sosial terhadap Peserta didik tersebut sangat ditekankan peningkatan perhatian dari segala aspek.
Kata Kunci: Peserta didik, Sekolah Dasar, Perkembangan Sosial