Peran Guru Dalam Meingkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Smart Syahida

Authors

  • Adelina Denista Febriyanti Universitas Tangeang Raya
  • Alda Al Aqsa Universitas Tangerang Raya
  • Nurdin Kamil Universitas Tangerang Raya

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas bergantung pada kreativitas pendidik dalam mengembangkan proses pembelajaran, sebab peserta didik yang memiliki motivasi tinggi akan membawa keberhasilan sesuai pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan peserta didik melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang oleh fasilitas yang memadai serta kreativitas pendidik yang akan berdampak pada peserta didik. kemandirian memiliki pengertian yang lebih luas dari kepercayaan diri, berkaitan dengan apa yang dilakukan. RPP itu adalah sebagai kewajiban pokok yang harus dilakukan oleh guru sebelum mengajar, karena RPP itu di dalamnya berisi tentang materi yang akan diajarkan pada saat guru masuk ke kelas atau ruangannya dimana tempat dia mengajar. Selanjutnya menurut Guru Kelas IV SD Negeri 143 Seluma Pada saat menjelang Tahun Ajaran Baru, ketentuan yang ada di SDIT SMART SYAHIDA Kabupaten. Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan menyimpulkan hasil pembelajaran, guru melakukan tanya jawab kepada siswa dan mengajak semua siswa terlibat untuk menyimpulkan hasil pembelajaran. imi yaitu Kemandirian siswa SDIT SMART SYAHIDA, kemandirian belajar siswa mendengar penjelasan guru secara umum dikatakan sudah baik, siswa antusias mendengarkan penjelasan guru, saat guru memberi penjelasan memang ada sebagian siswa yang bebicara dengan temannya atau melakukan aktivitas yang lain, tetapi jumlahnya tidak banyak Upaya guru dalam membentuk kemandirian siswa SDIT SMART.

Downloads

Published

25-03-2024

How to Cite

Denista Febriyanti, A. ., Al Aqsa, A. ., & Kamil, N. (2024). Peran Guru Dalam Meingkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Smart Syahida. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 1(2). Retrieved from https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/75

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 36 times

Most read articles by the same author(s)