Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah di Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Fatsi Wulandari Universitas Tangerang Raya
  • Inez Silvia Universitas Tangeang Raya
  • Miftakhuddin Universitas Tangerang Raya

Keywords:

kemampuan membaca, siswa kelas rendah, bahasa Indonesia

Abstract

Kemampuan adalah kapasitas individu untuk melaksanakan berbagai tugas dalam pekerjaan tertentu. Greenberg dan Baron dalam Buyung (2007:38) mendefinisikan kemampuan sebagai kapabilitas mental dan fisik untuk mengerjakan berbagai tugas. Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai. Berdasarkan pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa Tujuan dari membaca permulaan agar siswa mengetahui lambanglambang huruf, suku kata serta teks bacaan sederhana. Siswa mampu Membaca secara tepat dan jelas dalam penyampaian bacaannya, Kemudian memudahkan siswa dalam kegiatan belajar untuk Memperoleh pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk tulisan dan Dapat diterima dengan baik. Tanpa adanya kemampuan membaca seseorang tidak akan mengetahui maksud dan tujuan informasi yang Tersirat pada suatu teks. Tahap paling awal seseorang belajar membaca perlu memiliki kemampuan membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan urutan paling dasar agar seseorang dapat membaca. Menurut Wartini et al., (2015:3) membaca permulaan memiliki indikator kemampuan dalam mengenal bentuk huruf-huruf, mengetahui unsur-unsur linguistik, mengetahui hubungan pola dari ejaan serta cara berbunyi dan kecepatan ketika membaca yang berkapasitas lambat. Adanya kemampuan membaca permulaan seseorang diharapkan dapat mengenal serta menghafalkan hurufhuruf abjad, dapat melafalkan bunyi huruf dengan tepat dan memiliki kemampuan dalam menyusun huruf-huruf menjadi suku kata maupun kalimat dengan tepat. Hal tersebut akan menunjang seseorang untuk mampu membaca kalimat pendek dan bisa dilatih lebih mendalam mengenai membaca kalimat lengkap.

Downloads

Published

25-03-2024

How to Cite

Wulandari, F. ., Silvia, I. ., & Miftakhuddin. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah di Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 1(2). Retrieved from https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/76

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 34 times

Most read articles by the same author(s)