Penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sekolah dasar

Penulis

  • Hermawan Universitas Tangerang Raya
  • Yeni Haerani Universitas Tangerang Raya

Kata Kunci:

hasil belajar siswa, STAD, minat belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model sistem Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran IPA pada materi sistem pernafasan manusia. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Barugbug 1 yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Mei 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Yang masih pasif dan proses pembelajaran masih berlangsung secara klasikal atau guru sebagai sumber materi, pada siklus I mulai terlihat keaktifan siswa belum keseluruhan. Hasil post test sebesar 78,63 dan meningkat pada siklus II sebesar 89,12, Siswa lebih aktif, tanggap dan gotong royong pada siklus II, hasil angket minat meningkat dari 57,5 pada siklus I menjadi 80,62 pada siklus II.

Unduhan

Diterbitkan

06-11-2023

Cara Mengutip

Hermawan, & Yeni Haerani. (2023). Penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sekolah dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 3(1). Diambil dari https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/47
Abstrak viewed = 21 times