PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BERHITUNG BERBASIS METODE MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BAGI SISWA KELAS I SD

Penulis

  • S. Febrina Sri Mulyani Universitas Sanata Dharma
  • Andri Anugrahana Universitas Sanata Dharma

Kata Kunci:

Media Montessori

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media berbasis Metode Montessori pada materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Pengembangan media meliputi 6 tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi produk akhir dan penyebaran dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Kanisius Wirobrajan Tahun Ajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis metode Montessori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner/angket, tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar kuesioner/angket, soal tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pengembangan   media berbasis metode Montessori sesuai dengan langkah pengembangan menurut Borg and Gall (2) Kualitas produk sesuai dengan karakteristik Montessori yaitu menarik, bergradasi, auto-correction, auto-education dan kontekstual. Kualitas produk yang telah divalidasi oleh Ahli Montessori dan Matematika memiliki kualitas yang “sangat baik” dengan rerata skor sebesar 3,91. (3) Pengembangan media papan berhitung berbasis metode Montessori mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan karena mengalami kenaikan sebesar 112,9% serta siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

 

Unduhan

Diterbitkan

06-11-2023

Cara Mengutip

S. Febrina Sri Mulyani, & Andri Anugrahana. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BERHITUNG BERBASIS METODE MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BAGI SISWA KELAS I SD. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 3(1). Diambil dari https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/49
Abstrak viewed = 133 times