Pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa 8 SMP di Kota Tangerang
Kata Kunci:
kecerdasan, intelektual, emosional, spiritual, hasil belajar, matematikaAbstrak
Dalam artikel ini penulis membahas tentang pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa 8 SMP di kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain penelitian analisis regresi ganda yang dipilih serta disesuaikan dengan hipotesis penelitian. Penelitian dilaksanakan di SMP se kota Tangerang yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SMPN 3 sebanyak 84 siswa, SMPN 4 sebanyak 90 siswa dan SMPN 23 sebanyak 89 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat nilai t-hitung 0,513 < t-tabel 1,980 maka H0 di terima maka disimpulkan tidak terdapat pengaruh potensi akademik, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.