Pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa 8 SMP di Kota Tangerang

Penulis

  • Kusnandar Universitas Tangerang Raya

Kata Kunci:

kecerdasan, intelektual, emosional, spiritual, hasil belajar, matematika

Abstrak

Dalam artikel ini penulis membahas tentang pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa 8 SMP di kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain penelitian analisis regresi ganda yang dipilih serta disesuaikan dengan hipotesis penelitian. Penelitian dilaksanakan di SMP se kota Tangerang yang terdiri dari  3 sekolah  yaitu SMPN 3 sebanyak 84 siswa, SMPN 4 sebanyak 90 siswa dan SMPN 23 sebanyak 89 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat nilai t-hitung 0,513 < t-tabel 1,980 maka H0 di terima maka disimpulkan tidak terdapat pengaruh potensi akademik, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.

Unduhan

Diterbitkan

13-05-2024

Cara Mengutip

Kusnandar. (2024). Pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa 8 SMP di Kota Tangerang. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 3(2). Diambil dari https://jupisi.untara.ac.id/index.php/jupisi/article/view/62
Abstrak viewed = 22 times