Analisis Isi Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SMP Ditinjau dari Karakter Kejujuran dan Kedisiplinan
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami secara komprehensif buku teks pelajaran bahasa Inggris ditinjau dari karakter kejujuran dan kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan membaca buku teks pelajaran secara intensif dan berulang-ulang kemudian menganalisis data pendidikan karakter. Hasil analisis data ditemukan 28 nilai-nilai pendidikan karakter. Dari data tersebut, peneliti menganalisis 4 pendidikan karakter dalam keterampilan menyimak, kemudian dalam keterampilan berbicara terdapat 10 nilai pendidikan karakter, keterampilan membaca sebanyak 13 nilai pendidikan karakter, dan terdapat 1 nilai pendidikan karakter dalam keterampilan menulis. Nilai pendidikan karakter yang dominan yang dianalisis ialah pendidikan karakter dalam keterampilan membaca.